widgeo

Kamis, 25 November 2010

umur kota tua

Usia kota-kota ini telah mencapai ribuan tahun namun sampai kini kota-kota itu tetap eksis dan berkembang. Sepintas tidak banyak yang berubah dari kota-kota kuno ini, janganlah berharap bertemu dengan perkotaan modern yg bercirikan gedung2 pencakar langit. Sebut saja Jericho, kota tertua di dunia yang diduga telah ada sejak 11.000 tahun lalu. Atau Damascus, Syria, yg hampir sama tuanya dengan Jericho. Masih ada delapan kota-kota kuno yang juga berusia ribuan tahun. Yang unik dan menarik, ternyata kota-kota ini tetap eksis dan berkembang hingga sekarang. Berikut ini 10 kota kuno yang tetap eksis hingga kini:
1.Damascus, Syria
Damascus adalah ibukota Syria, memiliki usia yang amat tua nyaris mendekati 12.000 tahun. Dengan usia yg setua itu, sudah barang tentu Damascus kaya akan ‘warna-warni’ sejarah yang panjang. Teletak di daerah sibur dengan sungai yang melintas, Barada river, kota ini di masa lampau selalu menjadi sasaran empuk raja-raja yang ingin menaklukkannya.
Damascus kini dihuni sekitar 4 juta jiwa, di mana sebagian besar tinggal di sepanjang kanal yang dibangun sekitar 3500 tahun lalu. Sejak 1979, Damascus masuk dalam daftar peninggalan dunia UNESCO yang harus dilestarikan (UNESCO World Heritage Site).

0 komentar:

Posting Komentar